Vegetarian Sambal Belacan Recipe

Resep Sambal Belacan Vegetarian: Nikmatnya Pedas Tanpa Daging

Sambal belacan adalah hidangan khas Asia Tenggara yang terkenal dengan rasa pedas dan gurihnya. Biasanya, sambal belacan dibuat dengan menggunakan belacan (udang kering yang difermentasi) sebagai salah satu bahan utamanya. Namun, bagi mereka yang menjalani pola makan vegetarian atau vegan, menggantikan bahan ini bisa menjadi alternatif yang lezat. Artikel ini akan memandu Anda melalui resep sambal belacan vegetarian yang lezat dan pedas.

Bahan-Bahan:

– 10 cabai merah keriting (atau sesuai selera)
– 5 cabai rawit merah (tambahkan lebih jika ingin lebih pedas)
– 3 siung bawang putih
– 2 sendok makan tamarind paste (pasta asam jawa)
– 1 sendok makan gula merah (atau sesuai selera)
– 1 sendok makan kecap manis (opsional)
– Garam secukupnya
– Air secukupnya

Cara Membuat:

1. Persiapan Cabai dan Bawang Putih: Cuci bersih cabai merah keriting, cabai rawit, dan bawang putih. Anda bisa memotong ujung cabai jika ingin mengurangi tingkat kepedasan. Selanjutnya, iris tipis cabai dan bawang putih.

2. Panggang Belacan Alternatif: Alihkan dari resep tradisional, Anda dapat menggunakan bahan pengganti belacan. Salah satu pilihan yang baik adalah kacang tanah. Panggang kacang tanah di atas wajan tanpa minyak hingga berwarna kecokelatan. Kemudian, haluskan kacang tanah panggang ini.

3. Blender Bumbu: Masukkan semua bahan yang telah disiapkan (cabai merah, cabai rawit, bawang putih, tamarind paste, gula merah, kecap manis, dan garam) ke dalam blender. Tambahkan air secukupnya agar adonan lebih mudah di-blend.

4. Blender hingga Halus: Blend semua bahan hingga menjadi pasta yang halus dan homogen. Jika konsistensinya terlalu kental, tambahkan sedikit air.

5. Panaskan Minyak dan Tumis: Panaskan sedikit minyak dalam wajan. Setelah minyak panas, masukkan pasta yang telah diblend dan tumis dengan api kecil hingga matang dan harum. Tumis hingga pasta berubah warna menjadi lebih tua dan minyak mulai terpisah.

6. Sajikan: Sambal belacan vegetarian Anda siap disajikan. Nikmati dengan nasi, sayuran, atau hidangan favorit lainnya.

Sambal belacan vegetarian adalah alternatif yang lezat dan pedas bagi mereka yang ingin menjalani pola makan vegetarian atau vegan. Meskipun tanpa belacan, hidangan ini tetap kaya akan rasa pedas dan gurih. Dengan resep sederhana ini, Anda dapat menikmati sambal belacan yang nikmat tanpa harus mengorbankan prinsip makanan Anda. Selamat mencoba!