Untuk Mengecek User Yang Sedang Login Ke Mikrotik Melalui Winbox

Pengamanan MikroTik: Cara Memeriksa Pengguna yang Login melalui Winbox

Keamanan jaringan menjadi prioritas utama dalam mengelola perangkat MikroTik. Salah satu langkah penting adalah memeriksa dan mengawasi pengguna yang sedang login melalui aplikasi Winbox. Winbox adalah antarmuka grafis yang populer untuk mengkonfigurasi perangkat MikroTik, dan memastikan hanya pengguna yang sah yang dapat mengaksesnya adalah esensial. Berikut adalah cara memeriksa pengguna yang login melalui Winbox:

1. Login ke Router

Langkah pertama adalah masuk ke router MikroTik menggunakan aplikasi Winbox. Pastikan Anda memiliki hak akses administrator atau hak akses yang memungkinkan Anda memeriksa pengguna yang sedang login.

2. Buka Tab ‘System’

Setelah masuk, cari dan buka tab ‘System’ di jendela Winbox. Di sini, Anda akan menemukan berbagai pengaturan terkait sistem dan pengguna.

3. Pilih ‘Users’

Dalam tab ‘System,’ pilih opsi ‘Users’ untuk melihat daftar pengguna yang terdaftar dalam sistem MikroTik.

4. Lihat Pengguna Aktif

Dalam daftar pengguna, Anda akan melihat kolom ‘Active.’ Pengguna yang memiliki status ‘Active’ sedang login ke perangkat. Anda dapat melihat nama pengguna, alamat IP, dan status login mereka.

5. Periksa Aktivitas Pengguna

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang aktivitas pengguna yang sedang login, Anda dapat melihat kolom lain seperti ‘Uptime’ yang menunjukkan berapa lama pengguna telah login, dan ‘Idle’ yang menunjukkan berapa lama pengguna tidak melakukan tindakan apa pun.

6. Kelola Pengguna

Jika Anda mendapati pengguna yang tidak sah atau mencurigakan dalam daftar, Anda dapat mengambil tindakan. Anda dapat memutuskan koneksi mereka atau mengelola hak akses pengguna melalui opsi-opsi yang tersedia.

7. Tindakan Keamanan Lanjutan

Untuk meningkatkan keamanan, pastikan untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan mengatur kebijakan keamanan yang sesuai dalam pengaturan router. Anda juga dapat mempertimbangkan menggunakan VPN atau koneksi terenkripsi saat mengakses perangkat MikroTik dari jarak jauh.

Memeriksa pengguna yang login melalui Winbox adalah langkah penting dalam menjaga keamanan jaringan dan perangkat MikroTik Anda. Dengan mengawasi pengguna yang aktif dan mengambil tindakan terhadap aktivitas mencurigakan, Anda dapat memastikan bahwa hanya pengguna yang sah yang memiliki akses ke pengaturan dan konfigurasi perangkat Anda.