Tuliskan Ayat Beserta Artinya Yang Menyebutkan Sifat Sama Allah

Kecemerlangan Sifat-Sifat Allah dalam Ayat Al-Quran

Al-Quran, kitab suci umat Islam, merinci sifat-sifat unik dan mulia dari Allah. Dalam berbagai ayat, Al-Quran mengungkapkan keagungan-Nya melalui sifat-sifat yang mencerminkan kebijaksanaan dan kekuasaan Ilahi. Salah satu ayat yang menegaskan kesamaan sifat Allah adalah ayat al-Wahid (QS Al-Ikhlas 112:1-4).

‘قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌۢ ١ ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ٢ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ٣ وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ ٤’

Artinya: ‘Katakanlah: ‘Dia Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah tempat bergantung segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya.”

Ayat ini, yang dikenal sebagai Surat Al-Ikhlas, menjelaskan sifat-sifat Allah yang menunjukkan kesatuan dan keunikan-Nya:

1. Maha Esa (أَحَدٌ): Ayat ini menjelaskan bahwa Allah adalah Yang Maha Esa, tidak ada yang serupa atau setara dengan-Nya. Ini mengajarkan konsep tauhid, yakni keyakinan akan satu Tuhan yang mencakup segala keberadaan dan kekuasaan.

2. Tempat Bergantung Segala Sesuatu (ٱلصَّمَدُ): Allah adalah tempat bergantung bagi segala sesuatu. Sifat ini menekankan bahwa Allah tidak membutuhkan sesuatu pun, sementara segala makhluk memerlukan-Nya. Ini menggambarkan kesempurnaan-Nya sebagai sumber kekuatan dan kesejahteraan.

3. Tiada Beranak dan Diperanakkan (لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ): Allah adalah Maha Kuasa dan Maha Abadi. Ayat ini menegaskan bahwa Allah tidak memiliki orang tua atau keturunan, yang membedakan-Nya dari makhluk ciptaan-Nya. Ini menggarisbawahi eksistensi-Nya yang tak terbatas.

4. Tidak Ada yang Setara dengan-Nya (وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌ): Ayat ini menekankan bahwa tidak ada yang memiliki sifat-sifat yang serupa atau sebanding dengan Allah. Kesamaan atau perbandingan apapun terhadap-Nya adalah tak mungkin.

Ayat ini mengajarkan pemahaman yang dalam tentang Allah sebagai Yang Maha Esa dan Maha Agung. Sifat-sifat-Nya menunjukkan keperkasaan dan kebijaksanaan-Nya yang tiada tara. Menghayati makna ayat ini membantu umat Muslim memahami esensi ke-Esa-an Allah serta menghargai keunikan-Nya dalam menciptakan dan mengatur alam semesta.