Tiba Tiba Ada Benjolan Di Ketiak

Benjolan di Ketiak: Penyebab dan Tindakan yang Perlu Diketahui

Ketika seseorang tiba-tiba merasakan adanya benjolan di ketiak, hal ini seringkali menimbulkan kekhawatiran dan pertanyaan tentang apa yang mungkin menjadi penyebabnya. Benjolan di ketiak dapat memiliki berbagai penyebab, dan penting untuk memahami faktor-faktor yang mungkin berperan serta langkah-langkah yang perlu diambil.

Kelenjar Getah Bening yang Membengkak

Salah satu penyebab paling umum dari benjolan di ketiak adalah pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening di seluruh tubuh, termasuk di ketiak, berfungsi untuk membantu tubuh melawan infeksi. Pembengkakan ini dapat disebabkan oleh infeksi ringan, seperti pilek, atau juga dapat menjadi tanda adanya masalah medis lainnya.

Infeksi atau Abses

Benjolan di ketiak juga bisa muncul akibat infeksi atau abses. Infeksi ini mungkin disebabkan oleh iritasi kulit, luka kecil yang terinfeksi, atau bakteri yang masuk melalui folikel rambut. Infeksi ini dapat menyebabkan benjolan yang nyeri dan berisi nanah.

Lipoma atau Tumor Jinak

Meskipun jarang terjadi, lipoma atau tumor jinak juga bisa muncul di area ketiak. Lipoma adalah pertumbuhan jaringan lemak yang tidak berbahaya namun dapat menghasilkan benjolan yang terasa lembut saat disentuh. Jika Anda merasa benjolan tersebut tidak terasa nyeri dan tumbuh perlahan, konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis lebih lanjut.

Langkah Tindakan yang Perlu Diambil

Jika Anda menemukan benjolan di ketiak, penting untuk tidak panik dan berkonsultasi dengan profesional medis. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengamati benjolan tersebut. Jika benjolan tersebut terasa nyeri, tumbuh dengan cepat, atau menyebabkan kekhawatiran lainnya, segera periksakan diri ke dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin meresepkan tes tambahan, seperti tes darah atau pemeriksaan pencitraan, untuk menentukan penyebab benjolan. Berdasarkan diagnosis, dokter akan memberikan rekomendasi pengobatan yang sesuai.

Tiba-tiba merasakan benjolan di ketiak adalah tanda bahwa ada sesuatu yang memerlukan perhatian medis. Penyebab benjolan dapat bervariasi, dari pembengkakan kelenjar getah bening hingga infeksi atau gangguan lainnya. Jika Anda menemukan benjolan semacam itu, konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan tindakan yang tepat. Lebih baik mencegah atau mengatasi masalah kesehatan sedini mungkin demi kesejahteraan Anda.