Sisa Bitcoin Yang Bisa Ditambang

Potensi dan Batas Tambang Bitcoin: Sisa yang Bisa Diambil

Bitcoin telah menjadi perbincangan hangat di dunia finansial dan teknologi. Salah satu aspek yang menarik perhatian adalah jumlah Bitcoin yang masih bisa ditambang atau ‘sisa’ yang tersedia. Namun, penting untuk memahami bahwa ada batas atas jumlah Bitcoin yang akan pernah ada dalam sirkulasi, karena protokol yang mendasari mata uang digital ini telah dirancang dengan hati-hati.

Ketentuan Jumlah Total Bitcoin:

Bitcoin dibuat dengan teknologi blockchain yang transparan dan aman. Dalam protokol Bitcoin, telah ditentukan bahwa hanya akan ada total 21 juta Bitcoin yang akan pernah ada. Ini berarti bahwa begitu jumlah ini mencapai batasnya, tidak akan ada lagi Bitcoin yang ditambang. Saat artikel ini ditulis, sekitar 18,8 juta Bitcoin telah ditambang, meninggalkan sekitar 2,2 juta Bitcoin yang belum ditambang.

Proses Penambangan dan Pengurangan Hadiah:

Proses penambangan Bitcoin melibatkan komputer-komputer yang bersaing untuk memecahkan teka-teki matematika yang kompleks. Setiap kali teka-teki ini berhasil dipecahkan, blok transaksi baru ditambahkan ke blockchain, dan penambang yang berhasil menerima hadiah dalam bentuk Bitcoin baru. Namun, hadiah ini mengalami pengurangan seiring waktu.

Pada awalnya, saat Bitcoin pertama kali diluncurkan oleh Satoshi Nakamoto, setiap blok baru menghasilkan hadiah 50 Bitcoin. Setiap 210.000 blok yang ditambang, hadiah tersebut berkurang sekitar setengahnya dalam apa yang dikenal sebagai ‘halving.’ Pada tahun 2020, halving ketiga terjadi, dan hadiah blok menjadi 6,25 Bitcoin.

Sisa Bitcoin yang Bisa Ditambang:

Meskipun ada total 21 juta Bitcoin yang akan pernah ada, sebagian besar Bitcoin telah ditambang. Oleh karena itu, sebagian besar dari 2,2 juta Bitcoin yang tersisa untuk ditambang akan menjadi hasil dari aktivitas penambangan di masa depan. Namun, perlu diingat bahwa semakin banyak blok yang ditambang, semakin sulit untuk memecahkan teka-teki dan mendapatkan hadiah.

Sisa Bitcoin yang bisa ditambang adalah sekitar 2,2 juta Bitcoin dari total 21 juta Bitcoin yang akan pernah ada. Meskipun masih ada peluang untuk mendapatkan Bitcoin melalui penambangan, perlu diingat bahwa prosesnya semakin kompleks dan hadiahnya semakin berkurang. Oleh karena itu, penambangan Bitcoin bukanlah cara yang pasti untuk mendapatkan hasil yang besar, tetapi lebih seperti aktivitas yang memerlukan pengetahuan dan peralatan yang tepat.