Sejarah Enting-Enting Gepuk Salatiga

Enting-Enting Gepuk Salatiga: Kuliner Legendaris dengan Kisah Bersejarah

Salatiga, sebuah kota yang terletak di Jawa Tengah, tidak hanya kaya akan keindahan alam dan budaya, tetapi juga memiliki kuliner yang unik dan lezat. Salah satu makanan yang terkenal di Salatiga adalah ‘Enting-Enting Gepuk.’ Makanan ini bukan hanya sekadar camilan, tetapi juga memiliki sejarah yang menarik di balik namanya.

Asal Usul Nama:
Nama ‘Enting-Enting Gepuk’ terdengar unik dan mungkin sedikit aneh bagi beberapa orang. Namun, ada kisah menarik di balik nama tersebut. Dikatakan bahwa pada zaman penjajahan Belanda, masyarakat pribumi Salatiga membuat perayaan untuk merayakan HUT Raja Belanda. Dalam perayaan tersebut, terdapat suara dentingan atau ‘enting-enting’ dari lonceng gereja yang berulang-ulang. Saat perayaan berlangsung, masyarakat pribumi tidak diperbolehkan mendekat ke lokasi tersebut. Oleh karena itu, mereka menciptakan makanan yang disebut ‘Gepuk’ yang artinya ‘terpukul’ atau ‘ditendang’ dalam bahasa Jawa. Dengan kata lain, makanan ini menggambarkan rasa ingin memprotes dan menunjukkan bahwa meskipun mereka tidak diizinkan dekat dengan tempat perayaan, mereka masih memiliki kekuatan untuk menciptakan sesuatu yang lezat.

Proses Pembuatan:
Enting-Enting Gepuk terbuat dari potongan daging sapi atau ayam yang diolah dengan bumbu-bumbu khas. Daging tersebut kemudian dipukul-pukul menggunakan palu kayu sehingga daging menjadi lebih empuk dan bumbu meresap dengan sempurna. Setelah itu, daging digoreng hingga kecokelatan dan renyah. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan bumbu kacang yang lezat.

Rasa yang Memikat:
Rasa Enting-Enting Gepuk sangat lezat dan khas. Daging yang empuk dan gurih dipadu dengan bumbu kacang yang kaya akan rasa. Kombinasi antara gurih, manis, dan sedikit pedas membuat hidangan ini sangat disukai oleh banyak orang.

Warisan Sejarah:
Enting-Enting Gepuk bukan hanya makanan lezat, tetapi juga memiliki nilai historis yang berarti. Nama dan kisah di baliknya menjadi pengingat tentang semangat dan kreativitas masyarakat Salatiga dalam mengatasi tantangan dan ekspresi rasa protes.

Ketika Anda berkunjung ke Salatiga, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan Enting-Enting Gepuk. Selain mengenyangkan perut, Anda juga akan merasakan kelezatan kuliner yang sarat dengan sejarah dan makna di setiap gigitannya.