Seorang Lifter Mampu Mengangkat Barbel 120 Kg. Berapakah Usaha Lifter Tersebut

Untuk menghitung usaha yang dilakukan oleh seorang lifter dalam mengangkat barbel seberat 120 kg, kita perlu memahami konsep usaha dalam fisika. Usaha dapat dihitung sebagai perkalian antara gaya yang diterapkan pada benda dan jarak yang ditempuh oleh benda tersebut. Dalam hal ini, gaya yang diterapkan adalah gaya yang digunakan oleh lifter untuk mengangkat barbel, dan jarak yang ditempuh adalah ketinggian barbel yang diangkat.

Namun, untuk menghitung usaha, kita perlu mengetahui jarak yang ditempuh oleh barbel. Jika kita asumsikan bahwa barbel diangkat dari posisi awal (di lantai) hingga dinaikkan ke atas kepalanya, jarak yang ditempuh adalah ketinggian angkatannya.

Mari kita ambil contoh jika lifter tersebut mengangkat barbel hingga setinggi 2 meter di atas lantai. Dalam hal ini, usaha yang dilakukan oleh lifter dapat dihitung sebagai berikut:

Usaha = Gaya x Jarak

Gaya = Massa x Percepatan Gravitasi

Dalam kasus ini, kita perlu mengetahui massa barbel. Jika kita asumsikan massa barbel adalah 120 kg, dan percepatan gravitasi adalah sekitar 9,8 m/s^2, maka gaya yang diterapkan oleh lifter adalah:

Gaya = 120 kg x 9,8 m/s^2
= 1176 N (Newton)

Selanjutnya, kita perlu menghitung jarak yang ditempuh oleh barbel. Dalam kasus ini, jarak yang ditempuh adalah ketinggian angkatan, yaitu 2 meter.

Jadi, usaha yang dilakukan oleh lifter untuk mengangkat barbel seberat 120 kg hingga setinggi 2 meter adalah:

Usaha = 1176 N x 2 m
= 2352 Joule (J)

Jadi, usaha yang dilakukan oleh lifter tersebut adalah 2352 Joule.

Penting untuk dicatat bahwa usaha yang dilakukan oleh lifter dapat bervariasi tergantung pada ketinggian yang ditempuh oleh barbel dan faktor-faktor lain seperti kekuatan dan keadaan fisik lifter tersebut. Juga, penting untuk memperhatikan teknik dan keselamatan dalam mengangkat beban berat seperti itu, karena dapat mempengaruhi kesehatan dan cedera.