Fraksi Minyak Bumi Berikut Yang Berwujud Gas Adalah

Fraksi minyak bumi adalah berbagai macam senyawa organik yang terbentuk dari minyak bumi. Salah satu fraksi minyak bumi yang sangat penting adalah gas alam, yang terdiri dari campuran gas-gas hidrokarbon ringan. Gas alam digunakan sebagai bahan bakar untuk memenuhi kebutuhan energi yang semakin meningkat di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa jenis gas alam yang merupakan fraksi minyak bumi:

1. Metana
Metana adalah gas alam paling umum dan utama, terdiri dari satu atom karbon dan empat atom hidrogen. Gas ini ditemukan di bawah permukaan bumi dan dihasilkan dari proses dekomposisi bahan organik dalam kondisi anaerobik. Metana merupakan bahan bakar bersih yang dapat digunakan untuk memanaskan rumah, memasak, dan menghasilkan listrik.

2. Etilena
Etilena atau etena adalah senyawa organik sederhana yang terdiri dari dua atom karbon dan empat atom hidrogen. Gas ini sangat berguna dalam industri petrokimia karena digunakan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai macam plastik, termasuk polyethylene.

3. Propana
Propana adalah senyawa organik yang terdiri dari tiga atom karbon dan delapan atom hidrogen. Gas ini digunakan dalam industri dan rumah tangga sebagai bahan bakar untuk memasak, pemanasan ruangan, dan pengering pakaian. Propana juga digunakan dalam industri petrokimia sebagai bahan baku untuk membuat propilen, senyawa organik penting lainnya.

4. Butana
Butana adalah senyawa organik sederhana yang terdiri dari empat atom karbon dan sepuluh atom hidrogen. Gas ini digunakan sebagai bahan bakar dalam tabung gas untuk memasak dan pemanas ruangan. Butana juga digunakan sebagai bahan bakar dalam kendaraan yang berjalan dengan bahan bakar gas.

5. Isobutana
Isobutana adalah senyawa organik yang mirip dengan butana, tetapi memiliki struktur molekul yang sedikit berbeda. Gas ini digunakan sebagai bahan bakar dalam tabung gas untuk memasak dan pemanas ruangan. Isobutana juga digunakan sebagai bahan baku untuk membuat bahan kimia penting seperti isoprena, yang digunakan untuk membuat karet sintetis.

Fraksi minyak bumi berupa gas merupakan salah satu sumber energi yang sangat penting. Gas alam menjadi sumber energi utama dalam industri dan juga menjadi alternatif yang lebih ramah lingkungan bagi bahan bakar fosil yang lebih berbahaya seperti batu bara dan minyak bumi mentah. Di masa depan, penggunaan gas alam dapat lebih luas lagi karena kecenderungan penggunaan energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan. Oleh karena itu, penemuan dan pengembangan teknologi baru dalam pengambilan gas alam juga menjadi hal yang penting.